Lomba Haiku, Cerpen, dan Kritik Sastra

Lentera Susastra, 22-12-2007

Ulang Tahun Ke-3 Mailing List (Milis) Apresiasi Sastra (ApSas) kali ini bekerjasama dengan Japan Foundation. Untuk memeriahkannya, Panitia HUT Apsas ke-3 menggelar lomba sebagai berikut;

Lomba Haiku. Tema dari Haiku yang diikutsertakan bebas. Peserta adalah anggota milis Apsas. Setiap peserta maksimal mengirim 3 (tiga) hasil karyanya ke milis Apsas dengan format judul [Haiku HUT 3] Judul. Penjurian dilakukan oleh (berdasarkan abjad) Hasan Aspahani, Rilla Romusha, dan TS. Pinang . Hasil lomba akan diumumkan tanggal 9 Februari 2008. Format haiku bisa haiku pendek (satu judul satu stanza haiku berlarik 3), atau serial beberapa haiku dalam satu judul.

Lomba Cerpen. Cerpen yang dilombakan berhubungan/ “berbau” Jepang. Baik tema, setting, maupun tokohnya. Peserta adalah anggota milis Apsas. Penjurian dilakukan oleh (sesuai abjad) Anna Prasandhi dan Rini Nur Badriah. Cerpen diposting di milis apsas dengan format judul [Cerpen HUT 3].

Lomba Esai / Kritik Sastra. Ada harapan bahwa di dalam Apsas akan timbul sifat kritis anggota terhadap karya sastra. Mengingat hal itu, maka pada kesempatan kali ini akan dilombakan esai / kritik sastra dengan tema “Jepang di Mata Sastra Indonesia ” atau tema lain yang sesuai dengan persahabatan Indonesia – Jepang. Bertindak sebagai juri dari lomba ini adalah Sigit Susanto & Yonathan Rahardjo.

Lomba dimulai tanggal 18 December 2007 dan berakhir pada tanggal 17 Januari 2008. Pengumuman lomba akan dilakukan pada tanggal 9 Februari 2008. Peserta boleh mengirim lebih dari satu kategori lomba, dan setiap kategori peserta maksimal mengirimkan 3 (tiga) karyanya. Dari masing-masing lomba akan dipilih 5 orang pemenang;

1. Juara I
2. Juara II
3. Juara III
4. Juara Harapan I
5. Juara Harapan II
6. Juara Harapan III

Masing-masing akan mendapat bingkisan menarik dari Panitia HUT Apsas Ke-3. Penyerahan Hadiah akan diberikan pada saat Acara Ultah Apsas berlangsung, rencananya Februari 2008 di Japan Foundation. Dan jika pemenang berasal dari luar kota dan tidak dapat hadir, hadiah akan dikirimkan ke alamat pemenang. Keputusan Dewan Juri bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

Selamat Mengikuti!

Tidak ada komentar: