Puisi untuk BUMI

Buletin Kabar untuk Sahabat (KauS) No. 08/I/2006

1. EDITORIAL

Selamat berjumpa para Sahabat Telapak,

Perayaan Hari Bumi pada tanggal 22 April 2006 telah lewat. Ada sekitar 22 events perayaan Hari Bumi di berbagai kota yang didokumentasikan oleh Djuni Pristiyanto. Dari sekian banyak events tersebut, ada tiga laporan pandangan mata dari Sumatera Selatan (FORUM 11 untuk Hari Bumi), Makassar (PPLH Puntondo) dan Bandung (Jaringan Hari Bumi Bandung) yang disajikan dalam buletin ini. Minimal, menurut Oeban - seorang pegiat SHK dari Kalimantan Tengah, "Selamat HARI BUMI (salut bagi yang memperingatinya)-- dengan selemah-lemahnya IMAN (bagi yang beriman) silahkan berdoa aja, dan semoga BUMI kita yang lagi sakit sedikit terobati dengan DOA". Selain itu disertakan pula puisi untuk BUMI yang diciptakan oleh Yonathan Rahardjo dan Sylvie.

Di bagian SURAT SAHABAT, Wira menceritakan bila dia dan kelompok seninya akan berangkat ke Jerman untuk melakukan pementasan kesenian dengan judul "Bersih itu Indah". Berjuang demi BUMI dan lingkungan tidak harus berteriak-teriak keras mengkritik kiri kanan atau pun melakukan aksi-aksi yang heroik. Berjuang melalui kesenian pun ternyata bisa dan (mungkin) lebih efektif, dari pada demontrasi jalanan. Melalui kesenian, kepekaan dan kesadaran lingkungan dapat dibangkitkan dengan halus serta langsung mengenai pada sasaran, yaitu hati nurani. Selamat untuk kawan Wira dan kelompok seninya. Dan semoga sukses.

Awal bulan April 2006 ini Telapak menerbitkan press release yang berjudul "Konsumen Eropa dan Amerika Ditipu untuk Membeli Kayu Curian dari Hutan Papua". Press release ini dapat ditemui lengkap di bagian KABAR DARI TELAPAK. Dalam relese ini terdapat Laporan Telapak dan EIA yang berjudul "Behind the Veneer". Ringkasan eksekutif "Behind the Veneer" dapat ditemui di bagian LITERATUR. Tentu saja, laporan tersebut dapat didonwload dari website Telapak dengan cuma-cuma.

Akhir kata, "Perlihatkan keperdulian, perlindungan dan rasa hormat Anda pada lingkungan, kendati kita jauh dari rumah. Sebarluaskan pesan-pesan mengenai lingkungan kepada teman-teman dan kerabat dan saudara-saudara Anda. Ini merupakan suatu usaha kecil yang sangat berarti bagi pelestarian lingkungan." Itulan sebagian kecil hal-hal yang dapat kita kerjakan, "EVERYDAY WAYS YOU CAN HELP CLEAN UP THE EARTH... WE ALL CAN".

Selamat menikmati dan memakai KauS,
Redaksi Buletin Kabar untuk Sahabat (KauS)
Email: kaus@telapak.org

---------------------------------------------------------------
Redaksi Buletin Kabar untuk Sahabat (KauS)
Penanggungjawab: Rita Mustikasari
Tim Redaksi: Rainny Natalia, Rita Mustikasari, Djuni Pristiyanto.
Email: kaus@telapak.org

Isi Buletin Kabar untuk Sahabat (KauS) boleh dikutip, digandakan, dijiplak, dan di-copy dengan menyebutkan sumbernya. Isi Buletin Kabar untuk Sahabat (KauS) tidak mesti sesuai dengan kebijakan Perkumpulan Telapak dan Perkumpulan Telapak tidak bertanggungjawab atas segala isi dari Buletin Kabar untuk Sahabat (KauS) ini.

Tidak ada komentar: